Banyak Pengusaha di Raja Ampat Belum Mengantongi SITU

00:52:43, - 21 Januari 2016 - Berita Sekretariat Daerah - - By : Petrus Rabu

Banyak Pengusaha di Raja Ampat Belum Mengantongi SITU

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan (EKBANG) Sekretariat Daerah Kabupaten Raja Ampat, Lewi Isir, SE mengakui hingga 2016 ini masih banyak pengusaha yang melakukan aktivitas di Kota Waisai Kabupaten Raja Ampat belum mengurus dan mengantongi Surat Ijin Tempat Usaha atau SITU ke pemerintah daerah.

Padahal kata Isir, sapaan Lewi Isir hal itu sangat penting dan urgen bagi pengusaha dalam melaksanakan aktivitasnya. Hal ini disampaikannya ketika ditemui diruangan kerjanya, Rabu (20/1).

Ia membeberkan ada beberapa pengusaha yang sama sekali belum pernah datang melapor dan mengurus SITU ke Bagian Ekbang selaku bagian yang dipercayakan untuk menangani masalah SITU di Raja Ampat. Pengusaha-pengusaha itu katanya seperti pengusaha mebel dan batu bata.

“Pengusaha-pengusaha ini sudah lama buka usaha tapi belum pernah datang urus SITU. Juga ada beberapa pengusaha kontraktor yang melakukan aktivitas di Waisai belum memiliki SITU dan kantor sekretariat yang resmi,” kata Isir.

Dijelaskannya setiap tahun pihaknya terus melakukan sosialisasi dan memberitahu agar setiap orang atau siapa saja yang mau membuka usaha di Wilayah Pemerintahan Raja Ampat agar mengurus SITU di Raja Ampat.

“Tahun ini kami targetkan semua pengusaha harus tertib, apalagi kontraktor yang belum memiliki kantor sekretariat di Waisai. Jika memang kantornya di Kota Sorong harus ada juga kantor cabag di Raja Ampat karena SITU ini kekuatan bagi pengusaha", tambah Isir.

Pemberitahuan itu kata Isir selain melalui surat tetapi juga melakukan monitoring di tempat-tempat usaha seperti Homstay dan usaha perikanan serta usaha-usaha lainnya di Raaja Ampat.

Tahun 2016 ini, Bagian Ekbang Setda Raja Ampat mendapatkan anggaran untuk penertiban SITU di Raja Ampat kurang lebih 200 juta. Makanya Isir tak maen-maen untuk melakukan razia ke semua tempat usaha di Raja Ampat.

Isir menghimbau semua pengusaha agar segera mengurus SITU bagi pengusaha yang belum diurus. “Jika ada kedapatan pengusaha yang belum pernah mengurus SITU, kami akan buat sanksi tegas, apakah berupa denda atau menutup tempat usaha tersebut,” tegas Isir.

 

 

Tag raja ampat waisai

Tentang Penulis

Petrus Rabu
Petrus Rabu

Staf di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Indonesia