Bupati Raja Ampat buka Festival Geopark 2018

by Humas R4 Pariwisata 25 Juli 2018
Bupati Raja Ampat buka Festival Geopark 2018

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat menggelar Festival Geopark 2018 untuk yang pertama kali di Raja Ampat dibuka langsung oleh Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati dihadiri langsung Ketua Jaringan Geopark Seluruh Indonesia, Rabu (25/7/2018).

Ketua Jaringan Geopark Seluruh Indonesia Budi Martono menjelaskan bahwa  tujuan utama adanya Geopark ini adalah memuliakan warisan bumi dan mensejahterakan masyarakat, Geopark dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi daerah, salah satu contoh daerah di Jawa Tengah yang dahulunya dikenal dengan daerah kumuh miskin dan banyak pengangguran setelah menerapkan konsep Geopark daerah tersebut menjadi makmur dan angka pengguran menurun drastis,  untuk itu diharapkan dampak yang sama dapat terjadi di daerah Raja Ampat dan Raja Ampat bisa menembus tingkat UNESCO Global Geopark.

“Konsep Geopark ini sangat bagus karena ini merupakan konsep pembangunan yang berbasis masyarakat, jadi tujuan utama Geopark ini adalah memuliakan warisan bumi dan mensejahterakan masyarakat, saya rasa Raja Ampat bisa menembus UNESCO Global Geopark dengan konsep yang ada saat ini” kata Budi Martono.

Bupati Raja Ampat  Abdul Faris Umlati mengatakan, Geopark Raja Ampat merupakan hal yang baru di Raja Ampat, event ini sangat penting untuk mempromosikan pariwisata serta pengembangan dan pelestarian geologi yang dimiliki Raja Ampat, untuk itu pengembangan Geopark Di Raja Ampat merupakan upayah strategis melindungi sumberdaya alam dan peningkatan pendidikan serta peningkatan ekonomi di Raja Ampat.

“Iven ini sangat penting dalam rangka promosi pariwisata serta pengembangan dan pelestarian geologi, oleh karena pengembangan Geopark merupakan upayah strategis untuk melindungi sumberdaya alam pendidikan dan edukasi dan peningkatan ekonomi di Raja Ampat” kata Abdul Faris Umlati

Dalam acara Festival Geopark kali ini Raja Ampat menampilkan kearifan budaya Raja Ampat berupa tarian kolosal dan beberapa hasil kerajinan tangan masyarakat. (AK)

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat - Setda Raja Ampat

Setda   Raja   Ampat

 

Copyright © 2017 Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat