DPRD Raja Ampat Soroti Harga Tiket KM. Marina Expres

03:00:15, - 22 Januari 2016 - Berita Pariwisata - - By : Petrus Rabu

DPRD Raja Ampat Soroti Harga Tiket KM. Marina Expres

Kapal Marina Express merupakan salah satu armada dari sekian armada transportasi laut yang melayani rute dari Sorong ke Waisai ataupun sebaliknya. Keberadaaan KM. Marina Expres pada satu sisi membantu pemerintah dan masyarakat dalam mobilisasi barang dan manusia dari Sorong dan Waisai ataupun dari Waisai ke Sorong.

Namun disini lain penetapan harga tiketnya diduga sangat membebankan warga masyarakat Raja Ampat ataupun wisatawan yang hendak ke Raja Ampat. Diduga penetapan harga tiket tersebut tidak sesuai dengan jarak tempuh antara Sorong-Waisai yang kurang lebih 70 Mil. Hal lain harga tiket yang sekarang Rp. 130.000/penumpang belum pernah turun kendatipun harga BBM sudah dua kali mengalami penurunan di zaman Presiden Joko Widodo.

Terkait dengan harga tiket yang belum mengalami perubahan tersebut Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Raja Ampat “berang”. DPRD Raja Ampat akan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Raja Ampat dan pihak KM. Marina Express untuk membahas hal ini.

“Masalah tiket kapal ini, saya sudah berulang kali sampaikan ke bagian Komisi B karena mereka yang membidangi itu. Untuk memanggil Dishub dan pihak kapal membicarakan harga tiket sebab BBM sudah turun,” ujar Wakil Ketua DPRD Raja Ampat , Yuliana Mansawan, SE di ruang kerjanya belum lama ini.

Harga tiket yang tidak sesuai dengan jarak tempuh Sorong-Waisai ataupun tidak menyesuaikan dengan perubahan harga BBM ini akan merugikan kegiatan wisata di Raja Ampat tetapi juga masyarakat Raja Ampat. Karena bila ini dibiarkan maka yang untung adalah pihak KM. Marina Express.

"Hanya saja sampai sekarang belum juga dilaksanakan, harga tiket masih tetap 130.000. Ini sangat memberatkan masyarakat yang ekonomi menegah ke bawah seharusnya diimbangi. Lain hal yang diangkut kapal ini pengusaha dan pegawai tidak ada masalah. Jadi saya tidak sependapat tiket harga 130.000, kita harus berusaha untuk diturunkan", tambah Yuliana sapaan Yuliana Mansawan, SE.

 

Tag Dishub Raja Ampat KM. Marina Express pariwisata raja ampat

Tentang Penulis

Petrus Rabu
Petrus Rabu

Staf di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Indonesia