JURNALIS NEGARA-NEGARA ASEAN LIPUT DI RAJA AMPAT

23:50:20, - 13 April 2016 - Berita Pariwisata - - By : Petrus Rabu

JURNALIS NEGARA-NEGARA ASEAN LIPUT DI RAJA AMPAT

Raja Ampat menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mendapat kehormatan besar dalam kegiatan Jurnalist Visit Program tahun 2016 dari  Kementerian Laur Negeri Republik Indonesia. Dalam program ini  Kemeterian Luar Negeri RI melibat journalist dari media nasional Negara-Negara Asean seperti Malasya, Vietnam, Brunei Darusalam, Singapura, Filipina, Timor Leste, Kamboja, Thailand, Laos dan dua wartawan dari Indonesia yakni Wartawan Antara dan Metro TV untuk melakukan peliputan di Raja Ampat.

Kunjungan journalist Negara-Negara ASEAN ini didamping langsung Duta Besar Indonesia Untuk Finlandia, ELyas Ginting dan melakukan peliputan selama tiga hari di Raja Ampat, Rabu-Jumat, 13-16 April 2016.

Elyas Ginting menjelaskan Jurnalist Visit Program merupakan program Kementerian Luar Negeri Indonesia untuk mempromosikan daerah-daerah di Indonesia dalam seluruh aspeknya kepada negera-negara ASEAN. Karena itu, katanya  semua wartawan yang dibawah ke Raja Ampat merupakan wartawan senior dari berasal dari media nasional.  Ia berharap dengan adanya program tersebut akan meningkatkan arus informasi tentang Raja Ampat ke Negara-negara luar.  

Kunjungan journalist Negara-negara ASEAN ini diterima langsung Bupati Raja Ampat yang diwakili Asisten III Setda Raja Ampat, Semuel Belseran, S.Sos, M.Ec.Dev.

Semuel Berseran dalam audiens dengan para journalist yang berlangsung di Waiwo Dive Resort (Rabu 13 April 2016) menjelaskan sector pariwisata, perikanan dan kelautan merupakan dua sector unggulan dan menjadi leading sector dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Raja Ampat. Raja Ampat, katanya memiliki sejuta pesona dan potensi pariwisata baik di laut, darat maupun kekayaan budaya dan kuliner. Karena itu, Semuel menjelaskan  kunjungan wisatawan terus meningkat sejak menjadi Raja Ampat dibentuk pada tahun 2003.

Dalam kunjungan ini, para  journalist akan melakukan peliputan di Kawasan Wayag sebagai Ikon Raja Ampat, tetapi juga potensi wisata di Teluk Kabui, Painemo, Arborek, Sawingray dan Pasir Timbul.

“Masih banyak potensi lain yang harus diexpose namun kami punya strategi bahwa potensi-potensi ini secara bertahap dijelaskan ke public, yang pasti Raja Ampat merupakan surga terakhir dibumi. Jadi Jangan mati dulu sebelum ke Raja Ampat, karena ini adalah surge,” kata Sem Belseran.

Selain Raja Ampat, Bali juga merupakan daerah yang akan diliputi para jurnalis Negara-negara ASEAN tersebut. “Hanya ada dua daerah yang masuk dalam program Jurnalist Visit Program tahun 2016, yakni Raja Ampat dan Bali,” kata Elyas Ginting.

 

Tag KABUPATEN RAJA AMPAT BUPATI RAJA AMPAT BUPATI RAJA AMPAT pariwisata raja ampat waisai

Tentang Penulis

Petrus Rabu
Petrus Rabu

Staf di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Indonesia