TUGU PERINGATAN PEKABARAN INJIL AREFI DIRESMIKAN

16:05:45, - 07 Februari 2017 - Berita Pemerintah - - By : Petrus Rabu

TUGU PERINGATAN PEKABARAN INJIL  AREFI DIRESMIKAN

Setelah melalui proses pembangunan yang panjang, akhirnya Tugu Peringatan Pekabaran Injil yang terletak di Kampung Arefi, Distrik Batanta Utara, diresmikan pada Minggu 05/02/17.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Klasis Raja Ampat Tengah Pdt. Saul Warikar, S.Th, Wakil Bupati Raja Ampat, Manuel P. Urbinas.S. Pi. M.Si, Wakil Ketua II DPRD, Yuliana Mansawan, beberapa Anggota DPRD dan Warga Jemaat Ebenhaezer Arefi. Ketua Klasis Raja Ampat Tengah, Pdt. Saul Warikar mengatakan pembangunan tugu peringatan pekabaran injil merupakan sebuah upaya untuk mengenang masuknya warta Injil di Kampung Arefi.

“Tahun 1932 seorang Hamba Tuhan berlayar dari Biak dan mengunjungi kampung Arefi. Di sini Firman Tuhan tumbuh dan berkembang di hati masyarakat sehingga muncullah jemaat Tuhan di kampung ini” kata Saul.

Menurutnya dari Arefilah para hamba Tuhan pada periode awal berlayar menyampaikan Firman Tuhan di beberapa wilaya Raja Ampat di antaranya Pulau Waigeo dan sekitarnya.

Selanjutnya Saul berharap hadirnya tugu pekabaran injil di Kampung Arefi dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan iman jemaat dan perubahan cara hidup.

 “Kehadiran tugu peringatan injil sangat besar maknanya khususnya untuk pembaharuan dan rekonsiliasi bagi jemaat agar hidup sesuai dengan terang injil” harap Saul.

Sementara itu, Wabup Raja Ampat, Manuel P. Urbinas mengatakan , kehadiran tugu peringatan pekabaran Injil di tengah Kampung Arefi dapat memantik kesadaran jemaat untuk merefleksikan kembali dan menimba inspirasi dari hamba-hamba Tuhan yang pada periode lalu telah berjuang menyebarkan benih sabda Tuhan di Bumi Bahari.

 “ Semangat dan kerja keras serta kesetiaan mereka dalam mewartakan Sabda Tuhan dan membawa segenap jemaat kepada terang, hendaknya dapat kita tanamkan dalam jiwa dan pikiran kita semua, baik sebagai warga gereja maupun sebagai masyarakat Raja Ampat, sehingga kita menjadi pelaku firman yang memberikan pencerahan dan damai sejahtera bagi sesama, serta menjadi agen perubahan dalam seluruh proses pembangunan di Raja Ampat” terang Manuel.

Mantan Kadis Kelautan dan Perikanan Raja Ampat itu juga berharap agar tugu peringatan PI Arefi bisa dikelola menjadi salah satu destinasi wisata rohani di Raja Ampat.

Acara peresmian diawali ibadah yang berlangsung di Gereja Ebenhaezer Arefi, setelahnya dilanjutkan dengan pentahbisan tugu dan pengguntingan pita oleh Ketua Klasis Raja Ampat Utara dan Wabup Manuel. Tugu peringatan Pekabaran Injil dibangun sejak tahun 2007 silam dengan sumber dana partisipasi jemaat dan donatur. (by.Libert Pajo)

 

Tag Wakil Bupati Raja Ampat Kantor Bupati Raja Ampat raja ampat

Tentang Penulis

Petrus Rabu
Petrus Rabu

Staf di Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Indonesia